What You See, What You Learn

10 Tips Untuk Menjadi Seniman yang Lebih Baik

Tips 1: Sketsa adalah satu hal yang harus dimiliki seorang seniman, lakukanlah secara sering. ada pepatah, "practice makes perfect". Sketsa itu tidak harus sempurna, dan tidak perlu anda tunjukkan kepada siapa pun. Tujuan dari sketsa itu mengembangkan ide yang anda miliki dan menggambarkannya dan menjadikan semuanya menjadi satu kesatuan.

Tips 2: Menggambar Lagi, Lagi, dan Lagi. yang saya maksudkan adalah hampir mirip seperti yang pertama, datangkan pikiran yang menarik minat kamu miliki. Sketsa halaman, tempat tidur, jalanan, apapun. Tanpa kamu sadari, kamu belajar banyak referensi yang semakin mengasah ketajaman ide dan kreatifitas kamu.

Tips 3: Membangun Perpustakaan Referensi, bangun referensi kamu dari album foto, buku referensi tentang seni rupa, apapun. Semakin besar referensi yang kamu pelajari semakin mahir juga kamu dalam mengolah kreatifitas dalam pikiran kamu.

 
Tip 4: Jelajahi media yang berbeda, seni adalah kebebasan, kalaupun kamu bosan menggunakan pensil bisa aja kamu menggunakan pulpen, lakban, cat air, akrilik, cat minyak. jangan membuat suatu karya yang terpaku sama suatu cara. Ciptakan metode kamu sendiri yang bisa memperindah hasil karya kamu.

 
Tip 5: Pelajari Beberapa Teori Warna (Sedikitnya), besar loh pengaruh warna. Warna itu sifatnya subjek kamu terkadang emang ga bisa adil dalam memberi warna. Besar kecil dan kadang terbawa kedalam warna yang kamu suka. Belajarlah memadukan warna warna untuk menghasilkan warna yang sesuai dengan yang kamu harapkan.

 
Tip 6: Bermain Dengan Perspektif, belajarlah menggunakan perspektif mulai dengan satu titik hilang, dua titik hilang, tiga titik hilang dan belajarlah membuat objek tiga dimensi dengan benar. Untuk ulasan perspektif nanti saya bahas, ini hanya tips.

 
Tip 7: Cari Kelemahan Kamu dan Hancurkan, Misalkan kamu menyukai anatomy, otomatis kamu harus bisa menggambar mata, kaki, tangan. Dan kamu mencoba menghindari menggambar mata, tidak akan bisa. Semua satu kesatuan, pelajari walaupun awalnya jelek, tapi ga apa-apa. Coba terus sampai terlihat lebih bagus

.
Tip 8: Meminta Bantuan & Kritik Minta bantuan teman kamu yang lebih ahli, kalaupun enggak ada coba deh cari komunitas online, komunitas-komunitas seni yang bisa mengembangkan bakat kamu. Tidak ada salahnya kamu minta bantuan ataupun kritik kepada mereka.

 
Tip 9: Mengembangkan Gaya Original Eksplorasi gaya kamu, coba kamu beberapa aliran atau genre yang kamu sukai misalkan realis, tradisional, abstrak, manga, dll. Pilihlah yang kamu sukai, kembangkan aliran yang kamu sukai dan jadikanlah gaya kamu sendiri.


Tip 10: Belajar Menerima Kegagalan sebagai Sesuatu yang Positif. Semua Ahli tidak selamanya benar, tidak semua seniman profesional menghasilkan karya yang berhasil. Kesalahan pasti menyertai mereka. Coba kamu jangan putus asa, belajar dari kesalahan untuk mengembangkan kemampuan kamu.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Art / Tips and Trick dengan judul 10 Tips Untuk Menjadi Seniman yang Lebih Baik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://command-by.blogspot.com/2011/06/10-tips-untuk-menjadi-seniman-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Backstab Gaming - Senin, 27 Juni 2011

16 komentar untuk "10 Tips Untuk Menjadi Seniman yang Lebih Baik"

  1. terimah kasih tutorialnya, jangan lupa mampir disni http://www.unsri.ac.id/

    BalasHapus
  2. tips yang bagus dan bermanfaat..
    terima kasih atas tips nya

    BalasHapus
  3. tips yang sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  4. oke thanks ya, jdi semangat ki...

    BalasHapus
  5. Semoga bisa mengembangkan lebih baik bakat q dengan adanya artikel di atas Om....

    BalasHapus
  6. Semoga bisa mengembangkan lebih baik bakat q dengan adanya artikel di atas Om....

    BalasHapus
  7. Info :
    Kami sedang mencari artikel yang masih original(blm dipublish) untuk dijadikan Ebook Cerdas. Bagi para penulis jika berminat dpt menghubungi ke Email : Keyaaaart77@gmail.com untuk info lbih lanjut.

    BalasHapus