What You See, What You Learn

Sumber Informasi pada Karya Ilmiah

Sumber Informasi pada Karya Ilmiah

Saya akan berbagi informasi tentang sumber-sumber yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah. Seperti yang kita ketahui karya ilmiah adalah hasil penelitian yang disusun dengan metoda ilmiah berdasarkan kajian yang telah diteliti dengan bertujuan memaparkan hasil kajian yang telah memenuhi kaidah-kaidah keilmuwan. 

Sumber-Sumber Informasi:

Di bawah ini merupakan sumber-sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan karya ilmiah. Sumber-sumber informasi dapat diperoleh dari sumber berikut, antara lain:

A.      Manusia

Sebagai sumber, manusia dapat dimintai informasi secara tertulis atau lisan. Bila secara tertulis dan langsung, bisa dimintai dengan menulis berbagai macam data dan informasi dengan bentuk tulisan. Bilasecara tidak langsung, melalui pembacaan karya tulisnya. Secara lisan, seseorang bisa dimintai informasi dengan langsung menghubunginya dengan berinteraksi dan berdiskusi secara pribadi, melalui ceramah, panel, dsb.

B.      Organisasi

Sebagai sumber informasi, organisasi ini biasanya bekerja sebagai badan yang khusus atau lembaga yang mengkhususkan diri di dalam bidang yang bersangkutan.

C.      Literatur

Sumber informasi ini biasanya diperoleh melalui publikasi dari media cetak yang terbaca dengan jelas (legible), atau bentuk mikro yang macamnya sangat majemuk.

D.      Jasa Informasi

Di era globalisasi ini, perkembangan informasi sangat mudah diperoeh, sumber ini memberi peluang untuk memberikan pelayanan informasi yang tingkatnya global. Dengan terbukanya informasi pada tingkat global seperti sekarang ini, seseorang dengan mudah mendapat informasi dari penyedia jasa informasi. 

Setelah saya jelaskan darimana sumber-sumber informasi dapat diperoleh, saya akan menjelaskan sumber informasi dalam penulisan dan penyajian karya ilmiah.

Sumber Informasi Ilmiah

Sumber Informasi Ilmiah dapat diklasifikasikan menjadi 4 bagian  berdasarkan prioritas dan kualitas informasi tersebut, sumber informasi tersebut yaitu:

1.       Sumber Informasi Primer

Informasi primer merupakan yang pertama kali diterbitkan, contohnya itu bisa seperti laporan penelitian, tesis, dan disertasi. Jenis informasi primer ini ditulis oleh orang yang pertama kali mengalami, melakukan, atau meneliti kejadian atau peristiwa yang ia kaji, oleh karena itu data pada sumber informasi primer dianggap lebih akurat, dan penting bagi ilmuwan lain sebagai sumber informasi.

2.       Sumber Informasi Sekunder

Jenis sumber informasi sekunder berupa petunjuk untuk sumber informasi primer, dan merupakan interpretasi atau tafsiran dari literature yang bersifat sumber informasi primer dan ditulis bukan oleh penelitinya langsung. Itulah sebab sumber informasi sekunder lebih dianggap kurang akurat karena adanya kemungkinan salah tafsir atau perbedaan antara perangkum/penafsir dengan penelitinya. Termasuk dalam golongan informasi ini, umpamanya katalog perpustakaan, daftar buku, katalog penerbitan, tinjauan artikel, majalah sari & indeks.

3.       Sumber Informasi Tersier

Jenis sumber informasi tersier ini merupakan informasi yang kurang layak dan tidak lagi dianggap layak sebagai pengetahuan yang baru bagi para ilmuwan, dan biasanya merupakan petunjuk untuk sumber primer dan sekunder. Contoh dari sumber informasi tersier ini adalah tinjauan literature, kamus, ataupun ensiklopedia.

4.       Sumber Informasi Lain

Yang dapat digolongkan ke dalam jenis sumber informasi lain ini adalah:

Paten, yang merupakan sumber informasi dengan nilai khusus, karena memberi jalan keluar baru yang dapat dipakai untuk keperluan dan tujuan praktis. Standar Nasional atau Internasional, yang mengandung informasi mengenai sifat-sifat dan kualitas hasil teknologi, metoda perlakuan, metode penelitian dan pengukuran.

Cukup sekian informasi yang saya dapat sampaikan tentang sumber informasi dalam penulisan karya ilmiah. Saya akan bagikan informasi lain nanti, stay tune dan semoga berguna bagi kalian yang membutuhkan J
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Informasi dengan judul Sumber Informasi pada Karya Ilmiah. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://command-by.blogspot.com/2013/01/sumber-informasi-pada-karya-ilmiah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Jamaluddin Elwa - Rabu, 23 Januari 2013

1 Komentar untuk "Sumber Informasi pada Karya Ilmiah"

  1. Iya berguna :)
    ✽̶┉∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡

    BalasHapus