What You See, What You Learn

Cara Membuat Icon untuk Folder !

  Dulu gue pernah coba-coba karena penasaran gimana cara buat icon untuk folder, biar keliatan unik gitu. Akhirnya, setelah beberapa percobaan saya bisa otodidak hehe. Sepele sih, tapi cuma mau berbagi aja caranya buat icon secara sederhana. Cekidot yaa

Pertama siapin gambar yang mau dijadiin icon, kira kira paling bagus tuh yang bentuk awalnya kecil kayak Logo gitu atau Emoticon. Terus Copy aja gambarnya terus paste di Paint. Kalo gambarnya ga memungkinkan untuk di Copy, Print Screen aja terus di Select lalu di Cut deh. Jangan terlalu besar yaa, soalnya nanti pas jadi icon bisa pecah. Idealnya sih yang kaya emoticon gitu. Setelah dapet gambarnya dan udah di paste di paint, Save As dengan Format 256 Color Bitmap.





Terus langkah Kedua, Setelah di Save, ubah extensionnya dari .bmp menjadi .ico oke ?


Voila, setelah anda ubah extensionnya coba deh ganti icon Folder kamu pake icon buatan kamu. Begini caranya.

Klik kanan pada folder terus pilih properties.


1.  klik change icon

 2. dan pastiin file gambar yang tadi udah diubah jadi .bmp menjadi icon pada extension dengan cara rename filenya dan ganti bmp menjadi .ico

3.Browse deh icon yang kamu udah buat.

Tadaa!, tinggal klik Tombol Apply selesai icon buatan kamu !







Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Art / Technology / Tutorial dengan judul Cara Membuat Icon untuk Folder !. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://command-by.blogspot.com/2011/06/cara-simpel-bikin-icon-untuk-folder.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Jamaluddin Elwa - Senin, 13 Juni 2011

6 komentar untuk "Cara Membuat Icon untuk Folder !"

  1. gan, gmna cranya ngubah bmp jadi ico?? *maklum masih bego

    BalasHapus
  2. mantap gan tapi gambarnya pecah X_x untuk format ukurannya itu berapa x berapa biar ga pecah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kang,gmna cra ngubah bmp jdi ico???

      Hapus
    2. 128 pixel form. na

      Hapus