What You See, What You Learn

Tips and Trik Mewarnai pada Painter atau Adobe Photoshop

    Kali ini saya mau kasih tau tips colouring, kebetulan software painting yang saya pake disini adalah painter 7. Walaupun gue ga sejago profesional, mengingat saya pemula dan belajar otodidak. Semoga bisa berguna bagi yang belum tau.

Tips tehnik colouring yang mau gue kasih tau pertama-pertama disini adalah.

  1. Pikirkan warna basic yang mau kalian pake.
 Basic warna penting loh, bisa sebagai ukuran enak apa enggaknya gambar diliat. Biasanya gambar-gambar dengan kesan serius atau misterius warna yang digunakan itu gelap. Ini gak menghalangi kamu mencoba warna-warna dengan kreasi kamu. Setelah itu pake menu select untuk basic pewarnaan di gambar kamu.

      2.   Buat pemetaan untuk shadow/ bayangan.

Yang namanya bayangan pasti ada sumber cahaya dong?. Coba kamu perhatiin balok yang dikasih cahaya dalam gelap. Pasti bayangannya berlawanan dengan arah cahaya kan?. Nah coba buat pemetaan bayangan tersebut dengan layer baru.

3.   Gunakan layer untuk mempermudah pewarnaan.

Buatlah layer tambahan dari gambar awal kamu sebelum diwarnai. Tujuannya sih biar mudah aja buat efek bayangan dari gambar kamu. Soalnya kamu nanti akan bikin bayangan dengan warna hitam pada layer itu dengan opacity rendah biar ga menutup warna aslinya alias sedikit transparan.

   Nah ini contoh gambar yang saya buat, maaf ya kalo agak jelek. Saya ambil sumber cahaya ¾ view. Jadi sumber cahayanya dari samping kiri sedikit dari karakter yang saya buat. Semoga bermanfaat yaa.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Art / Tips and Trick dengan judul Tips and Trik Mewarnai pada Painter atau Adobe Photoshop. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://command-by.blogspot.com/2011/07/tips-and-trik-mewarnai-pada-painter.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Yu - Minggu, 03 Juli 2011

Belum ada komentar untuk "Tips and Trik Mewarnai pada Painter atau Adobe Photoshop"

Posting Komentar